My Social Media

Rabu, 28 Januari 2015

Suka duka menjadi ibu baru

Menjadi seorang ibu adalah dambaan setiap wanita, masih ingat bangettt ketika dulu waktu kecil pas ditanya besok gede mau jadi apa? aq jawabnya jadi Ibu. Ibu yang baik. Simple ya.... 
Seiring waktu berjalan ketika menginjak remaja dan dewasa, cita-citaku semakin bertambah...maklum udah gak lugu lagi.. hi8 cita-citaku saat itu ingin menjadi ibu bekerja tapi tetap baik pada suami dan anak.

Kelihatan simple ya, tapi ternyata beraatttnya masha Allah, hahahah.

Oh ya, tulisan ini dibuat oleh ibu baru yang mungkin emang gak oke, dan penuh dengan kekurangan. jadi gak semua ibu baru koq mengalami hal dibawah ini, hi8.

Jadi mari kita bahas apa suka duka nya menjadi ibu baru. Kita bahas dari sukanya dulu ya..
Yang pertamaaa, tentu saja karena punya mainan baru...hihihi. 24jam liat mata bulet lebar, senyum sumringah, dan tidur bayi yang penuh dengan kedamaian, belum lagi kalo senyum-senyum sendiri pas bo2 bayinya. rasanya surgaaaaaa banget.
Yang kedua, oke let's say..Bangga. Berasa lengkap aja gitu udah jadi ibu. :)
Yang ketiga, rasanya senengg banget tiap saat berantem sama bapaknya rebutan anak ini mirip sapa, hahahah.
Yang keempat, rasanya damaiii gitu kalo liat bapak-anak bercandaan dan sayang2an gitu... walo emaknya cenderung jadi kacang sekarang, hihihi.
Yang kelima, dapat objek baru buat sering2 difotoin/divideoin

Kalo dukanya, bukan duka kali ya..tapi lebih ke ribet aja mengenal dunia baru. maklum,, namanya juga adaptasi ya..oke mari kita mulai..siap-siap yaaa...
Yang pertama
Menurutq ini yang paling malesinnn bangettt selama eksistensi jadi ibu baru. Rasanya lebih sakit dari sakit abis lahiran yaitu adalahhhh... komen-komen orang sekitar...hahhahah.
-Koq ASInya belum keluar? Kasian...kalo gak keluar juga kasih sufor dulu aja sementara. #tahannapasberpikirjernih
-Itu bayinya nenen koq malah nangis sih? jangan2 dia cuma ngempeng aja gak ada yang diminimun? #elusdada
-Minum ini, minum itu mbak..biar ASInya akeh, Ibu menyusui ya harus doyan jamu, pahit2 harus diminum. Asiq biyen koq sampe netes2 ya... #salahlagi
-'Koq gak dikasih gurita sih?' Katanya g boleh dokter.' Kan itu penting? ntar anaknya gini gitu lho'... #salahlagi
-'Itu mbedongnya salah, harus rapat, kaki lurus kalo gak nanti bengkok kakinya.' 'Yang diajarin di RS seperti ini mbak. Lagian kaki  bayi semuanya pasti bengkok karena penyesuaian dari perut ibu' 'Lah...kalo gak percaya ya udah' #salahlagi

Subhanallah...stock sabarnya harus ditambah-tambah, udah berasa jadi ibu paling tolol deh kalo abis lahiran. yang nyalahin banyak banget.. Padahal let's say, sebelum lahiran udah berapa banyak buku/artikel yang kita baca buat belajar tentang "do or dont's" bagi bayi. Yang bener. Yang baik buat kesehatannya.bukan yang cuma berdasarkan dari kebiasaan masa lalu.

Saya tauuuu bangettt kadang mereka seperti itu bentuk perhatian, atau sayang mungkin. Tapi tolong jangan menjudge. dengerin juga pendapat dari sang ibu yang punya anak. Kan itu anak-anak dia, kenapa pada banyak yang bingung.
Jadi plis deh ya....ibu ibu, bapak-bapak  kalo misal ada orang/keluarga abis lahiran trus kita liat, jangan dinyinyirin. pliss tahan diri buat komen, kasian. dia itu masih sakit. masih baru belajar. wajar donggg, kalo anak baru 1 gendongnya masih agak kurang enak diliat mata, wajar dong kalo asi gak langsung keluar di hari pertama, wajar dongg kalo dia berpendapat A,B,C karena dia juga udah baca dan dapat pengetahuan. Tolong dihargai.
#kenapa jadi emosi ya ngetiknya?hahahha. 

Intinya ya ibu ibu...harus sabaaarrr banyak2 yaa setelah lahiran, sakitnya dobel2, jauuuhhh sebelum melahirkan kalo bisa pesen2 ke suami kalo abis melahirkan itu ada masa2 baby blues jadi kalo bisa dukung aku dan jaga aku dari kejamnya kenyinyiran dunia. Ya walau kadang pak suami juga ketularan nyinyirin juga sih gara2 lebih percaya yang lain daripada istrinya -.-'. Kalo udah gitu, biasanya sih aq gak banyak omong, langsung aku suruh googling aja sendiri mana yang benar.
Saran saya pokoknya cuma minum pil sabar, biar tetetp sabarrrr barrr barrr... sayangnya sudah banyak apotek aku tanyain gak ada yang punya stock nya, jadi maapkan ya suamiku...kalo kemarin jadinya gak sabarrr :D :P

Yang Kedua,
ternyata menyusui pertama kali itu susah cyin...dan sakit. gak kayak di tipi2 yang ada ibu-bayi duduk di kursi goyang, anaknya anteng, ibunya PW dan mereka kelihatan damai sekali. Kenyataannya, nemu posisi latch on pertama kali itu susaaaaahhh,, walo sebelum lahiran nih udah berapa threat tentang breastfeeding aku ubek2, berapa foto aq download tentang posisi latch on yang bener.. pas praktek susaaaahh banget, belum lagi si anak yang udah senewen karena kelaparan, makin susah lah. Ibu2 yang lain merasakan hal yang sama? atau aku aja? kayaknya bentuk payudara dan nipple mempengaruhi mudahnya latch on. Sayangnya, saya bukan termasuk orang yang mempunyai bentuk PD dan nipple yang sempurna, nipple cenderung flat dg PD yang lumayan gede, jadi kebayang kan susahnya memPWkan anak menyusui. Namun dg semangat baja, alhamdulillah semingguan anak bayi sudah pinter menyusu.

Yang Ketiga,
Pastinya...begadang pasti begadang... seperti yang dirasakan ibu2 lain, ibu baru biasanya cenderung begadang... Malamnya si anak cerah ceria, paginya tidur trus walo kita sudah berisik model apa aja.
Saya tidak tau, tingkat keparahan begadang jibran seperti apa, kalo kata mama sih jibran cenderung baik anaknya, yang begadangnya gak tiap hari...yang begadangnya gak lama2 amat kalopun lama dalam sebulan bisa dihitung jari. Cuma kembali lagi, karena kita ibu yang benarr benarr baru...rasanya udah luarrr biasaaaa. rasanya seumur hidup saya gak pernah merasa memikul tanggung jawab sebesar ini. Jibran seperti tanggung jawab terbesarq saat itu..

Yang Keempat,
Lambai-lambai dulu sementara sama yang namanya bersenang-senang(travelling, nonton, kuliner), me time (nyalon,luluran,creambat,spa, dkk), atau sayang-sayangan sama pak suami. gak akan sempet....
Yang dipikir, dijalani, dan dibahas akan selalu anak bayi, anak bayi, anak bayi. Sabar ya bu ibu gak selamanya koq.

Yang Kelima,
Siap-siap gigit jari ya bu ibu, pas qta rempong sana sini, sambil gendong, sambil ambil apa, sambil nyusuin, sampe kedua kaki-tangan kepakek semua, trus liat pak suami tidur dengan damainya di sisi kasur yang lain..walau udah dipanggil-panggil, hahahahah sabarrr sabarr sabarrr...



Jadi bagaimana,, koq tulisannya lebih panjang dukanya sih? Padahal jumalah suka dukanya udah sama limanya lho.. hahahha, gak segitunya sih bu ibu...sukanya juga banyak bangettt koq cuma emang suka itu kadang susah diceritakan dengan hanya sebuah kata-kata, hanya aku, anak bayi, dan Tuhan yang tau.. #alahbahasaq.

Kabar baiknya, hal ini gak berlangsung lama koq bu ibu. Umur 2bulan alhamdulillah, jibran udah gak kenal begadang, berat jibran melesat naik,  ASI sudah melimpah ruah, sampai lebih2 stocknya dari yang dibutuhkan next aq ceritain tentang dunia perASIPan ya, anak bayi  udah bisa diajak travelling2 kecil (baca:ngemall), emaknya bisa mesra2an dikit ma bapaknya #ups, dan lama2 karena kita makin dianggap bisa ngemong kenyinyiran dunia akhirnya mereda juga.Alhamdulillah..


Jadi bagaimana, apa anda siap jadi ibu baru? seru lho... Bagi yang mau menambahkan suka-dukanya monggo ditambahkan di kolom komentar ya...Welcome to the 'Emak-emak Club'... ;) 
Sumber : dari sini

7 komentar:

  1. Wah ratih selamat yah..welcome to the club when "nyinyir" never ends...kalo aku sih udah woles yah mana udah habis menyapih..jadi sekarang lumayan lenggang kangkung,dan ada "metime" tapi susahnya lebih ke nahan emosi karena si hafsa udah mulai ngototan nih ..

    BalasHapus
  2. halooo emak watik, so looonngg timee no see... apa kabar jengg?? kayake udah mulai asik menjait lagi ya...jahit jilbab lagi gak?? #salahfokus.
    asikk nih aq maen2 ke blogmu, suka nulis tentang anak bayi juga ya bu??anak bayii emang g ada abisnya ya...

    BalasHapus
  3. ya ampun sama banget mbak... bayiku sempat dehidrasi dan panas tinggi, lgsg aku bawa ke igd, sedih anak sakit, merasa g becus jadi ibu, malah ada yang ngomelin terus "asimu g keluar itu!" capede, ngomel2 juga bukan solusi kaliiii, trus kalau g keluar kenapa? baru juga 4 hari habis lahiran, nih jahitan sesar juga masih senut2 T.T #jadicurhat sakit hati luar biasa, tapi alhamdulillah suami dan ibuku selalu kasih motivasi yaa... kesimpulannyaa, mending setelah lahiran babymoon dlu deh, ibu sama bayinyaa... undang orang2 yg emang bisa bantu motivasi kita aja... yg nyinyir jgn dlu boleh dateng... yg mau nengokin, dmnta pngertianny buat tahan dulu seminggu/dua minggu... jadi pulang dri RS, dunia damai sentosa

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii mbak anindyanti...basi g sih eike baru bales sekarang...hahaha..

      betul bangeeett mbak...seperti yang saya bilang stock pil sabar yang banyak...dan...jauhkan ibu2 baru lahiran dari kenyinyiran dunia...wkwkwk..

      Tapi sekarang..pasti banyak2 indahnya kan? ;)

      Hapus
  4. ya ampun sama banget mbak... bayiku sempat dehidrasi dan panas tinggi, lgsg aku bawa ke igd, sedih anak sakit, merasa g becus jadi ibu, malah ada yang ngomelin terus "asimu g keluar itu!" capede, ngomel2 juga bukan solusi kaliiii, trus kalau g keluar kenapa? baru juga 4 hari habis lahiran, nih jahitan sesar juga masih senut2 T.T #jadicurhat sakit hati luar biasa, tapi alhamdulillah suami dan ibuku selalu kasih motivasi yaa... kesimpulannyaa, mending setelah lahiran babymoon dlu deh, ibu sama bayinyaa... undang orang2 yg emang bisa bantu motivasi kita aja... yg nyinyir jgn dlu boleh dateng... yg mau nengokin, dmnta pngertianny buat tahan dulu seminggu/dua minggu... jadi pulang dri RS, dunia damai sentosa

    BalasHapus
  5. Saya mengalaminya bangeet bangeettt.. Duuh repotnya stresnya sakitnya.. Subhanallaah luar biasaaaah... :D

    BalasHapus
  6. saya juga lagi mengalaminya satu bulan ini, rasanya... yup I feel you mbak :')

    BalasHapus