My Social Media

Jumat, 29 Januari 2016

Tentang 12bulan menyusui dengan segala daya upaya

Alhamdulillah...akhirnya bisa nulis ini juga,
setelah niatan nulis ini ada sejak dahulu kala....hahahah sejak jibran belum setahun malah...jadi semacam cita-cita gitu...semoga besok jibran bisa full asi sampai setahun (target jangka pendek), trus nanti bisa bikin reviewnya lagi seperti pas waktu jibran 6bulan.Bisa di baca disini Alhamdulillah, diberi Allah kelancaran untuk bisa memberikan full asi ke jibran sampai 1tahun ini dengan segala macam halangrintangnya, trus jadi pengen share gitu...gimana2nya...biar bisa jadi kenangan manis yang tertulis buat bunda, dan jibran kelak...syukur2 kalo bisa menginspirasi dan menyemangati busui2 yang lain, hahahah...#halahsapague #abaikan :D

'Alhamdulillah...jibran lulus asi eksklusif...abis ini udah bisa makan, jadi g susu aja kebutuhannya, Asikk, pasti abis ini gak akan seberat jaman dimana kebutuhan dia asi aja' . Pikirku saat itu..

Ternyata oh ternyata, manusia cuma bisa berandai-andai...kenyataannya adalahh..hahahah.

Tapi aku masih belum bisa berhenti bersyukur lho...untuk setiap jalan yang Allah berikan agar aku berhasil menyusui sampai sekarang..

Oke, qta mulai ya ceritanya..

Halangrintang pertama,
Jibran umur 6bulan, saya sudah dapat menstruasi.. dan entah kenapa sejak udah dapat mens itu hasil perahan asi sungguh amat sangat tidak seberjaya dulu...ditambah nih ya...sampai umur 7bulan kebutuhan minum jibran masih sama persis..ketika dia masih asi eksklusif...tettoottt..jadilah aku mulai agak ngos2an ngejar kebutuhan Jibran..yang walaupun ya...stock asip beku jibran masih banyak, tapi saya g rela gitu sehari aja defisit...misal nih ya, hari ini puping cuma dapat 4botol, jibran minumnya 6botol... ya udah berarti malam itu harus ngerjain PR yang 2botol itu...harusss...kecuali ketiduran, heheheh :D

Halangrintang kedua,
Puasa.
Siapa bilang ibu menyusui gak bisa puasa, bisa koq...bisaaa bangeeettt...Asal ada kemauan dan tekat baja gak akan ada yang g bisa. Walo memang ya, ada keringanan yang diberikan dalam islam untuk tidak berpuasa disaat bulan ramadhan dan menggantinya dilain waktu, cuma siapa sih yang suka berhutang...kalo saya sih ogah...kalo g kepepet, wkwkwk :D selain itu saya juga mikirnya, lah kalo sampai tahun depan masih menyusui(kan rencananya sampai 2tahun) ya sama aja kan puasa saat menyusui. Selain itu juga karena, pas pagi2 puasa pertama buka2 instagram gitu kan..baca kata2 indah gitu...#cieee..

"Menyusui itu ibadah, Puasa itu ibadah.. Jadi bisa bayangin kan gimana pahala ibadah didalam ibadah".

Trus, jadi inget ceramah pak ustadz yang intinya setiap amalan ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan, pahalanya akan jadi berlipat2..trus mikir...ya kalo puasa sekarang sama puasa nanti pahalanya banyak sekarang...kenapa sih g sekarang aja? :D

Jadilahh..alhamdulillah tahun lalu bisa puasa selama 28 hari bolong 2hari karena yang satu lagi sakit dan g kuat, yang satu lagi gemeterr pas mudik karena g sahur..

Hasil pumping selama puasa gimana? Alhamdulillah ya...seharian dikantor cuma dapat 2botol aja..wkwkkw :D paling banter 3botol.. tapiii..kembali lagi kalo punya tekad, pasti bisa koq jadi 5botol... kan tinggal nambah jam pompa...pas setelah adzan maghrib, setelah tarawih, dan setelah sahur... Gimana, busui busui yang lain? yakin masih mau hutang puasa? :)

Halangrintang ketiga,
LDR.

huwaaaa...jadi berkacakaca inget yang ini... Sama sekali g pernah ngebayangin harus melalui fase ini, fase jauh2an sama jibran...fase kami dipisahkan karena ASAP... :'( iyaaaaa ASAP... Asap yang begitu kejaaamm merenggut kemesraan kami selama ini,. Jadi, karena bencana kabut asap tahun lalu yang parah bangettt dan lama, saya dan suami memutuskan untuk mengevakuasi Jibran ke neneknya dulu sementara.. ya walo memang awalnya ini ide ayahnya...karena sungguh sebenarnya saya g bisa pisah sama jibran...tapi meliat lama kelamaan kodisi di pekanbaru semakin...bisa dibilang rusak lah ya...lah gimana..bukan g sehat lagi...berbahaya coy... ISPU berbahaya udah jadi makanan sehari2, mau g mau saya harus relaaa..berpisah sementara demi kebaikan dia selamanyaaa.. Cieh..jadi ketularan kata2 ayah saat itu.

Saya ingat banget waktu itu, 2 September 2015 pas jibran umur tepat 8bulan...kenapa hadiahnya qta harus mudik ke gresik rame2 sih nak? eh tapi ini enak ya...heheheh..
Saat itu, ayahnya udah g pakek nanya2 pendapat saya lagi...dia langsung beli tiket pku-sub... Padahal nih ya saat itu kondisi ISPU Pekanbaru masih di level tidak sehat.. Ayahnya beranggapan sebelum semakin telat dan badara ditutup yang mengakibatkan kita g bisa kemana-mana.
Jadi, waktu lagi enak2 pumping nih ya...tiba2 ada bbm 'Bunda dimana? Ayo qta pulang..siap2 nanti jam3 pesawat ke surabaya...bawa semua kebutuhan jibran, pakaian, asip buat jangka waktu lama, aq udah beli tiketnya udah qemailin juga ke bunda'
jediarrr....aq saat itu yang....Masha Allah suamiku...plisss...jangan lebay...aduh...gimana ini...gimana ini...langsung g jadi pompa..ke ruangan dia buat..protes :D Maksudnya apa? g nanya2 dulua? ini gmna..mana bs nyiapin smua kebutuhan jibran dlm waktu bbrp jam, nyiapin asip2nya jibran gmna dsb.. yang berujung..ya tetep pulang sih sambil ribut2 kecil di mobil.. Saat itu, saya masih bersitegang dg anggapan...ini masih gpp yah...trus tb2 ayahnya bilang..'oke kita keperempatan mall ska ya... kita liat apa standar ispunya disana...kalo masih dibawah tidak sehat, qta g jadi berangkat... tapi kalo udah tidak sehat, qta harus berangkat seperti janji bunda waktu itu'.
Jadi ceritanyaa, ide buat evakuasi jibran itu sudah ada sejak awal bulan agustus, sejak pekanbaru mulai dilanda asap2 tipis.. ayahnya ini karena terlalu parno, eh terlalu sayang maksudnya ma jibran, gak relaaa anaknya harus menghirup udara yang tidak sehat. Jadilah, qta agak beda pendapat di awal bencana asap itu di kala lainnya masih tenag2 saja, hahahha. Kami udah mulai ribut2 ttg belum saatnya jibran di evakuasi, sampai kami ke dsa sgala nanya pendapat perlu g di evakuasi jibran, mana lebih penting sama dia terpisah dari sumber susunya :D, dan untungnya dsa nya nyaranin gpp disini dulu, untuk menghalau asap bapak/ibu bisa beli air purifier. Malam itu juga kami cari itu air purifier, dalam hati berfiikir gak papa apa aja dibeli asal jangan pisahkan jibran dari aku. Saat itu kondisi ISPU pekanbaru masih sedang.
Pas ribut2 gitu pernah keluar kata2 dari mulutq.. 'Aq juga bukan ortu yg bisa diam aja kalo anakq menghirup sesuatu yang tidak sehat, cm kan sekarang kondisinya masih sedang yah...aq bisa baca kalo kondisi sedang itu belum membahayakan populasi, nanti kalo udah tidak sehat..pastilahh aku setuju jibran di evakuasi'.
Jadilah pas kami menuju perempatan mall ska...dan kondisi ISPU di situ menunjukkan tulisan 'Tidak Sehat' saya hanya bisa lunglai gak berdaya, menerima keputusan. Langsung pulang dan nyiapin keperluan Jibran, baju2nya, peralatan MPASI yg masha Allah banyaknya (waktu itu bawa blender, takahi, pigeon food maker, peralatan makannya, talenan, sutil, kukusan dia), trus bawa baju2, dan yang paling pusing mikir bawa asip se freezer itu gimana..
Jadilah bawaan kami sore itu udah persis seperti orang pindahan...jam3 sampe bandara dapat pengumuman pesawat ditunda sampai setengah8 malam karena kabut asap..ya wislah pulang dulu lagi ke rumah karena mikirin asip sefreezer di cooler box.. Pas perjalanan pulang, naudzubillah ini koq asapnya makin tebal ya..kasian jibran...pas lewat perempatan mall ska Innalillahi, index ispu sudah menunjukkan ke level 'Sangat tidak sehat'.. saat itu juga saya sangat bersyukur dengan keputusan suami, dan bersyukur memilikinya...#halahh...Dalam hati malah berdoa, ya Allah mudah2an pesawatnya jadi terbang g didelay2 lagi...yang penting jibran segera aman.. Alhamdulillah, jam8 pesawat terbang dengan mulus...dan sampai Surabaya jam 11malam dengan udara bersih dan disambut dg wajah bahagia akung, utiii yang senenggg cucunya datang lagi ditambah dalam waktu lama...hahahah.

Cobaan belum selesai 2hari disana, Jibran yang memang kebiasaan nyusu ketika malam sampai pagi, bisa dibilang mentil lah yaa...karena g bisa lepas dan yg dia butuhkan sebenarnya bukan asinya tapi nemplok nenennya..menjadi sangat murka pas malam2 bundanya sembunyi dan dia cuma dikasih dot..bener2 deh waktu itu...Sumpahh..pengen nangis liatnya, suaraya sampai bisa dibilang bangunin tetangga kali ya...ditambah dia sampai misek misek gitu...oh my..howww...teriris hatikuu.. #iningomongapasih.
Gak tega, akhirnya aq susuin dia sampai pagi..tetot...dan malam itu gagal...
begitu juga malam2 berikutnya...
sampai tiba2 kepikiran ya Allah...apa aq berhenti aja gak usah kerja..Tapi trus alhamdulillah sadar dan ingat, 'helloo..apa kabar cicilancicilan dan adikadik yang masih mau kuliah?' :D

Pas cuti udah abis, dan Jibran belum bisa juga terbiasa malam tanpa aku, mau g mau aku harus menguatkan hati untuk tetap meninggalkan dia.. dengan puluhan susu di freezer... Maafkan bunda nak.. :'( Semoga Asap jahannam itu tidak akan pernah ada lagi tahun2 depan, atau mudah2an tahun depan kita sekeluarga udah di Jawa ya.. :D #doaorangteraniayakatanyamanjur

Dan perjuangan busui LDR  saya baru saja dmulai.. :')
perjuangan dimulai dengan...sudah berdrama-drama nangis di terminal...sampai mamapapa, adikq ikutan nagis sampai di bandara nunggu 3jam dan dipastikan pesawat gagal terbang karena kondisi cuaca tidak memungkinkan... Tetttoottt... Pulangg..dan besok kita berdrama lagi ya nak...:')
Besoknya drama belum juga berhasil hilang..masih tetap mewek2 nyiumin jibran pas mau masuk..mamapapa udah g nangis lagi, aq masuk bandara nunggu 3jam dan lagi2 bandara masih ditutup saudara.. -.-' oh ya...saat itu kondisi Pekanbaru sudah di level 'SangatBerbahaya' Index ISPUnya sekitar 1000, sudah g bs bayangin disana kayak gimana, dan bersyukur jibran sudah ditempat yang aman,saya juga sih, heheheh.
Pulang lagi. Kali ini harus mikir cara, supaya harus tetap bisa sampai pekanbaru karena g mungkin kan ijin terus. satu2nya jalan yang bisa ditempuh adalah lewat padang..yang itu berarti jarak yang harusnya bisa ditempuh dalam 3jam (Pesawat langsung SUB-PKU), harus ditempuh via padang sekitar 22jam yang pernah saya hitung (karena pesawat transit g ada yg langsung SUB-CGK-PDG lanjut Padang-pekanbaru via darat 7-8jam). Saya pernah itung waktu itu, berangkat start dari rumah jam5 pagi dan sampai disana jam 3 pagi besok harinya... See...? betapa kejam asap ini mempermainkan kami?


Sempat suatu masa, bandara tutup dari senin-kamis...jumat jadwalnya pulang...tapi asap gak ada tanda2 membaik. ya Allah ini gimana kalo bandaranya tutup...ASIP mana tahan kalo harus leewat padang dulu, mana waktu itu dapat laporan dari mama asip jibran di freezer tinggal 5biji.. Ya Allah masak harus minum sufor, padahal asip dia banyak disini :')
Malam jumat itu tengah malam nangis saya, Ya Allah, aq mohonkan keajaibanmu...sebesar apapun tekad hamba menyusui..tapi jika engkau berkehendak lain saya tidak bisa berbuat apa-apa.. saya mohonkan kebaikan dan keajaiban2mu ya Allah...aq tahu Engkau maha meliat bagaimana keinginan keras hamba untuk menyusui, bagaimana distiap malam bangun dan menahan rasa kantuk, bagaimana hamba memompa dimanapun kapanpun..Aq mohon ya Allah, aq mohonkan restumu untuk memudahkah langkah dan perjalananq esok'

10menit kemudian, hujan deras dan angin kencang muncul...Subhanallah...saat itu juga saya tersujud haru berterima kasih padaNya, dan tetap memohon agar besok cerah..Jumat paginya saya masih deg-degan.. bukan apa2 kondisi bandara pekanbaru yang buka tutup ini mengkhawatirkan.. saya terus berdoa, terus meliat web bmkg buat ngeliat kondisi jarak pandang terakhir di bandara. Alhamdulillah pagi itu langit pekanbaru sedikit terang dengan kabut tipis menyelimuti...mudah2an bisa terbang.. dan soreitu, saya beserta puluhan asip saya berhasil sampe dengan selamat di surabaya... Subhanallah Walhamdulillah..karena keajaiban dan restu Mu ya Allah..


Bawaan saya tiap minggu selama dua bulan itu


Dan perjalanan panjang plus deg2an itu itu harus saya lewati setiap minggu untuk bertemu jibran selama kurang dari 2hari weekend, selama 2bulan... #nangisguling2.

Namun entah kenapa, satu hal yang saya syukuri...anehnya..selalu ada kemudahan dan kelancaran tiap mau balik ke surabaya (ntah hari itu hujan, atau mendadak ada angin kencang yang meniup asap, ntah tiba2 ada kunjungan presiden beserta teman2nya yang dengan ajaib bisa menghilangkan asap sesaat saja -.-' entahlah...semua benar2 karena kuasa Allah). Tetapi,, selaluuu saja bandara ditutup, pesawat gagal terbang, dsb tiap saya mau balik ke pekanbaru...hahahah...jadi selama 2bulan itu belum pernah merasakan bisa mendarat dengan sempurna di pekanbaru...via Padang truss... 22jam euyy..gimana gak kurus coba??hihihih #kaloinisihenak ya..
Alhamdulillah bencana kabut asap itu selesai di akhir oktober..dan tepat di usia Jibran 10bulan, Jibran balik lagi ke Pekanbaru... Yeayyy... Semoga tidak akan pernah ada lagi cerita kabut asap dalam kamus keluarga qta ya nak...


Dengan berbagai halang rintang, musibah, cobaan, dan lain sebagainya diatas...Subhanallah walhamdulillah...pas tanggal 2 Januari 2016 kemarin Jibran akhirnya lulus menjadi anak full ASI sampai dengan 1 tahun.. Bahagia yang tak terkira... Semua keberhasilan ini...tentu saja bukan karena saya  namun berkat dukungan Jibran, anak pinter yang tetap doyan asip beku selama di Gresik, walo sebenarnya dia lebih suka asi segar...Anak pintar yang tetap lebih doyan emaknya daripada botol dot, semoga selamanya akan begitu ya nak..suamiku tercintaaa, karena sll kebagian berat2nya bantuin bawa asip ke bandara, walo selanjutnya saya yang singlefighter sendirian ke surabaya :'), lalu teman2 yang lagi mudik ke surabaya bareng saya...yang bantuin bawa bawaan saya yang kayak penjual es keliling, yangti dan yangkungnya jibran yang penuh dengan kasih sayang menjaga Jibran selama 2bulan dg telaten menyiapkan asip buat Jibran...matur nuwun mama papa :'), dan tentu saja Allah...Tuhan yang maha baik, yang selalu memudahkan dan merestui setiap perjalanan saya..


Perjalanan masih jauh...1tahun lagi...aku ingin memberikan jibran yang terbaik, 1tahun lagi insya Allah bisa full asi no sufor dan uht ya nak...

Semoga sekali lagi Allah merestui... Aminnn ya Allah..

And this is...our last stock in 2015, a day before Jibran's Birthday..



Semoga bisa trus menyusui sampai dengan 2tahun... Semangaaattt busui2 di seluruh dunia.. :)


- Breastfeeding is not a choice, it's a responbility -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar