My Social Media

Kamis, 14 November 2013

Miscarriage like a nightmare

Pernah gak.. pada suatu ketika kalian baik2 saja... tentram, damai , bahagia akan sesuatu. Semuanya terasa indah dan menyenangkan, kemudian mendengar suatu berita yang sangat mengagetkan? Itu semua seperti tidur di malam hari dengan sukacita... Namun terbangun karena mimpi buruk yang tiba-tiba. bedanya, setelah terbangun hal itu benar adanya.. ini lebih buruk dari mimpi buruk.

12 Oktober 2013, saatnya berkunjung ke obgyn. Hari yang sangat kita nanti2, karena penasaran... si dedek udah gimana ya bentuknya?? menjalani 8weeks juga berasa aman2 aja, tidak pernah mengalami hal aneh dan sebagainya.. seperti : jatuh, atau ngeflek, atau sakit yang gimana gitu. Alhamdulillah saat itu rasanya sang ibu sehat dan bahagia. Siang, berangkat lah kita. nunggu sejam-dua jam dapat giliran juga.. Di USG abdomen seperti biasa, si dokter bilang "Wah...janin nya makin besar ya bu...sudah semakin jelas daripada yang sebulan kemarin'. Seneng luar biasa. Dan kemudian, si dokter ngomong, 'biasanya udah bisa nih, kita cek denyut jantungnya, coba qta cek ya'.. setelah ngubek beberapa menit, si dokter megkerut. perasaan mulai gak enak. koq gak ada ya bu? qta pastikan aja ya lewat usg transvaginal. Dan yach... usg transvaginal adalah hal yang sangat qtakuti dan kalo bs sangat kuhindari pada saat tau hamil. cuma karena saat itu, aq sudah sangat waswas, aq mengiyakan aja saran dokter. dan Alhamdulillah, gak sakit. Entah, mungkin kuwatir mengalahkan rasa sakitq, aku lirik ayah ketika megang erat tanganku. sepertinya dia berfikir aku menahan rasa sakit. I'm okay daddy... setelah di cek berapa lama si dokter belum menemukan juga denyut jantung.
kemudian si dokter ngomong, 'ditunggu 2minggu lagi ya bu...kalo 2minggu lagi belum ada juga, berarti belum rejekinya'. Jediarrrrrr.. dunia, berasa runtuh.. apa yang salah dok?? saya g pernah kenapa2. cuma karena saya udah kaget, saya hanya ngangguk. Anehnya, saya direspkan vitamin yang sama persis dengan kunjungan pertama. koq gak ada usaha lebih ya?? Di perjalanan pulang, aq gak bs nahan semua kuwatirq, menetes juga akhirnya air mata. itu air mata pertama yang keluar setelah pernikahan qta. "bunda, yang sabar ya?? Bunda jangan sedih, ntar adiknya sedih lho.. bunda insya Allah gak papa, kan bunda dari kemarin sehat2 aja, tetep semangat 2minggu ke depan ya?? berikan yang terbaik buat dedeknya"

Setelah itu, semuanya berubah. 2minggu itu aku berikan semua hal baik yang mampu aku berikan. aku jadi rajin minum sumil 2kali sehari, padahal sebelumnya sering lupa. aku makan tiap malam. bukan nya apa2, sebelumnya masih sering g makan malam walo sedang hamil, karena takut gemuk. Waktu hamil, aku juga merasa semuanya baik2 aja, tidak ada yang berubah. Tetep kuat, gak mual, gak muntah, hamil kebo kata orang. Sehingga aku melakukan aktivitas seperti sebelum hamil. Oh nak, maafin bunda ya.. :'(



26 Oktober 2013, it's mean 10weeks. 2minggu dari kontrol sebelumnya. Cuma bisa pasrah dan berdoa, tapi keyakinan dalam diri tetap ada. Saat nunggu antrian, kita ngajakin ngobrol si dedek 'Dek, ntar eksis ya...sambil elus2 perut dan ketawa2' *how i miss that moment... :'(
Kunjungan kali ini kita ke Obgyn lain, cari yang lebih jago dan lebih ngerti karena kita ingin memberikan yang terbaik dan berharap yang terbaik. Akhirnya pilihan tertuju ke Dr. Dovy Djanas, SpOG (KFM). Beliau ini ahli fetomaternal, yang kalo aku baca2 sih ahli fetomaternal ini perlu sekolah yang lebih tinggi lagi dari SpOG dan punya keahlian khusus dalam hal USG, lebih teliti lah. Pas giliran masuk, kesan pertama... happy, dokternya ramah, banyak bicara, penuh penjelasan. beda banget dengan dokter sebelumnya... beliau menanyakan HPHT terakhir, dan menunjuk kan di google hasil USG kalo usia segitu seperti ini. Mari kita cek ya... Dan lagi2 sang dokter agak kaget melihat yang muncul di usg, mencari2 denyut jantung dan gak ketemu. lagi2 beliau ingin memastikan dengan USG TransV. Dan ternyata, "He's said My baby twins but they aren't grow old". Miris... mendengarkan kabar bahagia sekaligus duka. mengapa sungguh terlambat mengetahui hal ini. Dokter menyebut ini, kematian mudigah. janin sempat berkembang, namun berhenti di saat 7weeks atau 8weeks (kalo di liat dari CRL USG). Sedih luar biasa. Penyebab nya apa dok? Seleksi alam. jika janin bagus akan berkembang, jika tidak akan berhenti berkembang dan gugur dengan sendirinya. Kemungkinan, saat pertemuan sel telur dan sperma itu salah satu atau keduanya sedang dalam kondisi tidak fit/baik. kemudian dokter meresepkan obat penggugur kandungan.. Ya Allah, sedihnya luar biasa... sempat bertanya, apa tidak ada jalan lain. Dokter menjawab tidak.

Dirumah, aku semakin bersedih, dan mungkin ini saatnya bercerita kepada keluarga... setelah kemarin2 kita sengaja tidak bercerita karena tidak ingin membuat mereka kuwatir. Apalagi, ibu mertua kemarin bercerita sudah mau menyiapkan acara 4bulanan. Pas mendengar cerita, respon pertama tentunya mereka menentang luar biasa. mereka bilang, enak aja kasih obat penggugur, wong kamu sehat2 wae gak pernah flek dan pendarahan. Masuk akal, mereka berpikiran seperti itu, karena aku juga berpikiran seperti itu. apa tidak ada usaha sedikitpun? Akhirnya mereka memutuskan, agar aku tidak meminum obat itu dan pulang ke Jawa. Mengusahakan yang terbaik disana. Dan di putuskan kita akan ke Surabaya sabtu depan 1 November 2013.

28 Oktober 2013, pulang kerja di jemput suami, alhamdulillah 3hari yang berat ini ada beliau kebetulan suami ditugaskan rapat di Padang selasa besok. Suami selalu bisa membuat aku tenang dan lupa dengan guyonan nya yang lucu. Pas nyampe rumah, berasa ada yang keluar, langsung ke kamar mandi pas cek ada flek. itu flek pertamaq. langsung ngomong 'Ayah, bunda ngeflek' *sambil mewek. 'Ngeflek gimana bun? sakit gak? bunda gak papa?'. 'Gak yah, bunda cuma takut.'
'Gak usah takut, gpp. kita udah mengusahakan yang terbaik bun, selebihnya qta pasrah ya?
Sampe malam flek nya gak berhenti2, sampe harus pakai pembalut. 'Yah, koq bunda kuwatir dedek kenapa2 ya? Gimana kalo berangkatnya dimajuin rabu aja?' Suami setuju, dan kita mereschedule semua tiket kita. Besoknya, aku ijin kerja bedrest, sendirian. suami rapat. Untungnya, Allah maha baik. beliau tidak memberi rasa sakit.

30 Oktober 2013, kami berangkat. rute kami padang-medan, medan-surabaya. Perjalanan ke Medan berjalan aman2 aja. bahkan, di kualanamu masih sempat foto2 karena itu kali pertama aku nyobain bandara baru Medan, maklum selama hamil jadi tahanan kota, dan suami yang sll ke Padang. Sayangnya, ketika pesawat Medan-Surabaya, mendadak perutq sakit luar biasa... kencang, mulesss... rasanya allahuakbar....sakittt banget, kayak nyeri haid tapi berkali lipat. Suami di sebelah bingung n sedih harus gimana. Aku ngelurusin kaki g enak, tekuk gak enak, angkat di kursi gak enak. Perutq sakit luar biasaa... kenceng bangett.. flek juga makin banyak. Untungnya makek gamis satin hitam.
Sampe juanda udah lemes banget. Suami sampe mau sewain kursi roda, tapi aku gak mau. Ortu jemput yg ditanya pertama, sakit nduk? Aku cuma geleng, gak mau buat mereka kuwatir. Pas di mobil sakitnya makin luar biasa, mata mulai berkaca2 nahan tangis. gamis juga udah mulai basah semua. Perasaanku campur aduk, sedih campur sakit dan ngeness.. Pas nyampe, baru masuk rumah brojol...aku kerasa banget ada sesuatu gede banget keluar dari vagina langsung lari ke kamar mandi, darah udah netes2 dimana2 karena pembalut udah gak sanggup nampung. pas di kamar mandi, buka celana..langsup jatuh seonggok daging lumayan gede, berbentuk. Aku nangis teriak2 karena takut dan sedih luar biasa, huhuhu. Suami langsung kedalam, kaget.sedih. Tapi kuat. Langsung peluk aku menitikkan air mata. Sabar ya bun, gak papa bunda bersih2 aja aku yang ngurusin dedeknya. Aku liat punggung suamiku, dia merunduk, bawa janin kita, aku tau tangan nya bergetar hebat, tapi dia kuat.
Abis itu, entah kenapa rasa sakit itu hilang semua, perut langsung normal. Aku tiduran. Suami dan papaku mengubur janin kita di depan rumah padahal waktu itu udah jam12 malam...di kamar aku nangis aja, nginget2 yang barusan aku liat. Aku nangis sampai tertidur.

31 Oktober 2013, berangkat ke Obgyn yang lan, dan seperti kutebak Dokter ngomong bayi nya sudah tidak bisa diselamatkan. bahkan hasil USG sudah hampir kosong, berbeda dengan sebelumnya. Namun, karena belum bersih, saya dijadwalkan untuk kuret besok.

1 November 2013, finally aku dikuretes. Sedih. tapi sudah mula rela dan ikhlas, sepertinya raga juga sudah tak sanggup buat sedih lagi. hasil tensi dokter kemarin cuma 80/60, pantes aja kondisi fisik berasa sangat drop. proses kuretes berjalan lancar dan cepat.

2-12 November 2013, adalah saat pemulihan. Ijin dari kantor, dan Alhamdulillah ditemani suami. Beliau bisa mengurus cuti besarnya. Rasanya tentu sangat luar biasa bagi kita. Di dunia ini, tentunya tidak ada satu pasanganpun yang pernah membayangkan hal seperti ini terjadi. aku yakin, tidak hanya aku yang sedih. banyak sekali. Suami, mama-papa, mertua, adik2q dan adik2 ipar, teman, dan aku apalagi. Tapi alhamdulillah, kita bisa menghadapi semua ini berkat dukungan dan doa dari teman2 yang teriring lewat media komunikasi apapun. Sumbangsih keluarga dan suami juga luar biasa.. :') Ayah selalu bisa, menghapus tagisku. Selalu bisa menjadi sesosok manusia yang sangat kuat dan tegar. Dan yang Terakhir, Kekuatan dari Allah..
Aku tau, Allah itu maha baik. buktinya, semua proses yang berat dan menyeramkan terjadi dirumah. aku tidak membayangkan kalo janin nya jatuh di Padang, saat suami gak ada. Atau waktu di bandara, atau waktu di Pesawat. I can't imagine it. Allah sayang aku, sayang kita, mungkin menurut beliau, ini belum waktu yang tepat.


Goodbye My twins.... Bunda, Ayah sayang banget ma kamu nak, bunda-ayah sudah mengusahakan yang terbaik untukmu nak, namu jika ada kesalahan bunda yang membuatmu tak berkembang maafkan bunda :'((
*mewek sambil ngetik.
Baik2 ya nak, kita sudah mengusahakan apapun, namun Allah lebih sayang padamu. Semoga engkau bisa manjadi tabungan pahala dan syafaat bagi bunda dan ayah di akhirat. We love u..

Dear Ayah, terima kasih untuk semuanya.. terima kasih telah menjadi suami yang luar biasa baik dan bersabar. terima kasih telah menjadi penghibur dan penghapus lara. terima kasih selalu ada disampingku dan menggenggam erat tanganku disaat sulit.

Dear Allah yang maha baik,
Terima Kasih untuk pengalaman yang luar biasa..
Jika menurut Engkau, ini belum saat yang tepat
Segerakan memberi penggantinya di waktu yang tepat menurut-Mu
Beri kami berdua kekuatan dan kesabaran luar biasa dalam menghadapi setiap ujian-Mu
Serta jagalah agar kami berdua tetap mjd keluarga yang saling mecintai, menyayangi
Bahagia, Sakinah, Mawaddah, Warrahmah Dunia Akhirat.

Amin ya rabbal alamin..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar